2.21.2009

Sugesti

Sugesti memang sangat menentukan di dunia ini. Seperti seperti dukun jadi-jadian dari Jombang yang bernama Ponari yang dikabarkan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan meminum air yang dicelupi batu miliknya. Bodohnya lagi, para pasien tersebut bukan hanya raganya yang sakit, tetapi jiwa dan akal sehatnya ikut sakit. Seperti dengan mempercayai keajaiban milik Ponari.
Percaya atau tidak, itu lebih disebabkan oleh sugesti. Saya pun meyakini bahwa keajaiban ponari tersebut adalah sugesti. Sugesti adalah suatu keyakinan baik dari diri sendiri ataupun orang lain yang mampu mempengaruhi saraf bawah sadar kita. Seperti Ponari yang memberi sugesti bahwa yang meminum airnya akan sembuh, tentu pasiennya gampang percaya dan tersugesti untuk sembuh.

Saya pun pernah melakukan sugesti pada teman-teman saya. Ketika itu kelas saya mengikuti turnamen sepak bola di sekolah. Demi menambah percaya diri teman-teman saya, saya membawa sebotol air yang aku isi dengan air yang dimasak ibuku dari rumah. Lalu aku beri sedikit sirup jahe. Setelah itu kubagi pada teman-temanku dan aku berkata itu membawa banyak kekuatan dan stamina. Setelah itu, teman-temanku mainnya penuh tenaga dan yakin dari khasiat ”jamu” yang aku bawa. Dalam hati aku tertawa bahwa itu hanya akal-akalan dan sugesti dariku.
Aku pernah mengikuti training, yang isinya bahwa sugesti itu mudah dilakukan, yaitu dengan membayangkan keberhasilan kita di masa yang akan datang. Selain itu mensugesti bahwa kita harus berhasil, kita harus menjadi nomor satu dan harus berusaha dengan sekeras mungkin. 
Agar sugesti itu benar-benar masuk dalam saraf bawah sadar kita, hendaknya kita mensugesti diri kita sebelum tidur dan mengulanginya lagi setelah bangun tidur. Insya Allah akan menambah semangat kita dalam hidup. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

13 Komentar:

Blog Indra February 21, 2009 at 4:00 PM  

Benar yang dikatakan mas Afif.

Pernah ada penelitian, seorang dokter menukar obat untuk pasien dengan tablet gula, namun pasien itu tidak diberi tahu. Pasien itu meminumnya tanpa mengetahui kalau itu sudah ditukar. Akhirnya, pasien itu sembuh karena ia percaya jika meminum "obat palsu" itu dia akan sembuh.

Sebenarnya masyarakat Jombang pergi ke Ponari karena mereka tidak punya uang untuk berobat ke rumah sakit. Dan ternyata, pengobatan di tempat Ponari jauh lebih murah (hanya Rp 2000, kalau di calo Rp 5000-10000).

Di Bangkalan juga sudah ada dukun kecil semacam Ponari

Anthony Harman February 21, 2009 at 9:12 PM  

Sugesti memang bisa mempengaruhi alam bawah sadar kita, tetapi secara medis belum tentu berpengaruh apa2

Blog Indra February 22, 2009 at 4:39 AM  

Tentu saja ada pengaruhnya. 'Kan ada cerita "miracle man", yang lumpuh total, dengan usaha dan positive thinking, akhirnya sembuh

Apip February 23, 2009 at 5:04 AM  

menurutku sih pengaruh mas, karena saya pernah membaca bahwa sugesti berpengaruh tidak langsung dengan memicu saraf di otak untuk sembuh.

FAUZAN July 23, 2009 at 4:35 AM  

Wah, kalau itu sih namanya OBROLAN TINGKAT TINGGI. Aku yg umur 13 belum nompo

FAUZAN

fhom.blogspot.com

contoh tugas akhir October 12, 2009 at 5:18 AM  

Melakukan sugesti memang bagus..

buy gold coins May 12, 2010 at 5:40 PM  

This is a great blog post. . It's really nice and
informative post. Thanks so much.
-------------------------------------------

Cara Menyembuhkan Kanker Hati July 5, 2012 at 8:45 AM  

apakah sugesti sama niat berbeda nggk gan????

Anonymous July 5, 2012 at 8:47 AM  

segala sesuatu pastiny bermula pada diri sendiri

Obat Herbal Lemah Jantung October 5, 2012 at 9:18 PM  

sugesti kita dapatkan dari siapa saja baik dari orang tua masupun dari orang terdekatnya

Wina Rahmawati May 16, 2013 at 12:34 AM  

wahhh bolehhh tuchhh

thank's dachh

  © Blogger template Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP