6.12.2008

Wortel, Telur dan Kopi

Tingkah laku manusia dalam menjalani hidup dan menghadapi masalah cukup mudah dianalogikan. Kita ibaratkan mereka seperti wortel, Telur dan biji kopi. Mereka adalah manusia dengan sifat yang berbeda-beda tentunya. Dalam hal ini masalah kita ibaratkan sebagai air yang mendidih.
Wortel, apabila coba kita rebus lama-lama akan menjadi lunak.Padahal sifat asli wortel adalah keras. Berarti manusia tipe wortel adalah manusia yang teguh memgang prinsip, idealis, dan mempunyai determinasi tinggi. Namun ketika mereka menghadapi suatu masalah, mereka langsung down, kehilangan semangat dan mengabaikan setiap prinsip yang dianutnya.
Telur, apabila kita masukkan ke ait mendidih, tentu akan menjadi keras, dimana sifat asli telur adalah sangatlah lunak. Berarti manusia tipe telur adalah orang yang awalnya fleksibel, supel, terlihat ramah, serta lemah lembut akan menjadi penuh amarah, sensitif dan berkurangnya nalar akibat diterpa suatu permasalahan.
Sedangkan biji kopi, apabila kita memanaskannya di air yang mendidih, maka kopi akan mempengaruhi air itu menjadi hitam seperti kopi dan menjadi harum semerbak namun biji kopi itu tetap menjadi biji kopi itu sendiri. Itulah manusia seutuhnya, apabila dihadapkan pada masalah, dia tetap pada prinsip dan masih mampu menggunakan nalarnya.
Di sisi lain, dia mampu memberikan pengaruh dan warna lain pada masyarakat dengan adanya suatu masalah itu. Dengan suatu pemecahan masalah yang cermat, maka masalah itu akan membentuk karakternya dan membangun jati dirinya.

  © Blogger template Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP